lintas 7

Saluran Informasi Terupdate Untuk Keluarga Indonesia

Powered by Blogger.

Kiat menjaga tubuh tetap fit ketika berhaji

  Kiat menjaga tubuh tetap fit ketika beribadah Haji

Menjadi umat Islam yang kuat secara fisik selalu ditekankan oleh syariat disamping kuat secara mental, sebab tanpa kekuatan fisik seorang muslim akan kesulitan dalam melakukan ibadah secara sempurna. Termasuk ketika melakukan ibadah haji. Ibadah yang dalam rangka pemenuhan rukun Islam kelima ini dilakukan selama lebih dari satu bulan dan memiliki aturan rukun yang ketat. Sehingga jamaah dituntut untuk memiliki fisik yang selalu prima. Lalu bagaimana caranya agar tetap dalam kondisi sehat selama melakukan ibadah haji? Berikut beberapa tips menjaga kesehatan saat beribadah Haji

Pertama, sebelum berangkat haji usahakan sudah melatih fisik dengan berolahraga rutin. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup lakukan olahraga kardio yang melibatkan pernafasan seperti joging, senam, dan lain-lain selama 30 menit. Jangan lupa juga untuk selalu mengawali olahraga dengan pemanasan dan mengakhirinya dengan pendinginan.



Kedua, membiasakan berpuasa secara sehat sebelum berangkat ke tanah suci yaitu dengan konsumsi makanan-makanan yang berserat, rendah gula, dan banyak protein ketika sahur dan berbuka. Membiasakan diri dengan berpuasa berarti akan mendorong tubuh untuk melakukan detoksifikasi. Namun Anda harus tetap memperhatikan kandungan-kandungan makanan yang dicerna oleh tubuh, karena bila makanan yang dikonsumsi tidak sehat maka detoksifikasi ketika puasa akan sia-sia.

Ketiga, mengubah kebiasaan lama dengan berhenti makan sebelum kenyang. Upaya ini sesuai dengan apa yang biasa dilakukan oleh Rasulullah saw. Selain merupakan sunnah, kebiasaan ini akan memaksa Anda untuk menjadwal setiap aktifitas makan Anda. Hal ini penting karena saat beribadah Haji, Anda akan dihadapkan pada jadwal aktifitas yang sangat padat dari sejak Subuh sampai dengan Isya karena itu bila Anda terlalu kenyang akan mengakibatkan pencernaan terganggu dan akhirnya bisa menyebabkan sakit perut.

Mempersiapkan kesehatan tubuh sebelum melakukan ibadah adalah sebuah sarana untuk mencapai sebuah kewajiban, sehingga aktifitasnya menjadi satu keterkaitan dengan ibadah itu sendiri. Meskipun bukan termasuk rukun ibadah namun menjaga kesehatan adalah cerminan seorang Muslim yang kuat. Sebagaimana dalam hadits disebutkan bahwa Allah SWT. menyenangi seorang muslim yang kuat fisiknya dibandingkan yang tidak melatih dirinya untuk menjadi sosok yang tangguh untuk memperjuangkan Islam. Jadi alangkah baiknya bila sebelum Anda berangkat ibadah Haji yang akbar, Anda sudah mempersiapkan fisik dan mental sejak jauh-jauh hari untuk memenuhi panggilanNya di tanah suci. 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk " Kiat menjaga tubuh tetap fit ketika berhaji"

 
Copyright © 2015 lintas 7 - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top