lintas 7

Saluran Informasi Terupdate Untuk Keluarga Indonesia

Powered by Blogger.

Hal unik ketika musim Haji di Indonesia

Hal unik ketika musim Haji di Indonesia

Umat Islam Indonesia yang memiliki semangat tinggi untuk menuntaskan rukun Islam yang kelima sangat banyak jumlahnya saat ini. Namun berbeda dengan keadaan beberapa dekade yang lalu. Dimana ibadah haji hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu yang biasanya tergolong mampu. Sehingga entah bagaimana awalnya, mulai terdapat budaya syukuran sebelum berangkat haji. 

Kebiasaan ini berupa aktifitas mengumpulkan warga dan tetangga sekitar rumah pihak yang akan berangkat haji dengan menyajikan makanan beserta doa bersama agar ibadah haji yang dilakukan mabrur dan diterima oleh Allah SWT. Budaya ini unik, karena tidak dilakukan di negara-negara lain. Beberapa orang mengatakan bahwa ini adalah bid'ah, namun beberapa ulama membolehkan karena budaya ini baik, selain mendoakan para tetangga yang belum bisa naik haji agar bisa naik haji dengan segera, juga dalam momen ini pihak yang akan berangkat haji mewujudkan rasa syukur dengan berbagi rezeki pada tetangga dekatnya. Pun dalam syukuran ini dilakukan dengan menyebut asma-asma Allah SWT.


Indonesia memang sangat terkenal dengan budaya keakraban diantara warganya dalam banyak momen, tidak terkecuali aktifitas syukuran berangkat haji ini. Seharusnya memang ibadah haji dapat menjadi pelecut dan motivasi untuk beribadah yang lebih giat, bukan hanya bagi pihak yang berangkat haji namun juga kerabat atau tetangga dari pihak yang berangkat.

Di musim haji, banyak sekali sunnah-sunnah terkait berbagi kebahagiaan melalui sedekah dan infaq termasuk ketika memasuki idul qurban yang menyembelih hewan untuk kemudian dagingnya dibagikan pada yang berhak. Musim haji, tidak hanya tentang ibadah yang berhubungan secara vertikal dengan Allah SWT. tetapi juga tentang kebersamaan hubungan antar manusia.


Ketika musim haji usai dan para jamaah haji telah kembali ke kampung halaman masing-masing, kebiasaan untuk berbagi pun seharusnya tidak luntur. Beberapa jamaah haji rela pulang dengan tas yang lebih berat hanya untuk membawakan oleh-oleh berupa suvernir, makanan dan minuman seperti kurma atau air zam-zam untuk kerabat dan tetangga. Inilah uniknya tradisi berkaitan dengan haji yang terjadi di Indonesia. 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Hal unik ketika musim Haji di Indonesia"

 
Copyright © 2015 lintas 7 - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top