lintas 7

Saluran Informasi Terupdate Untuk Keluarga Indonesia

Powered by Blogger.

Rutin berumroh menjadi gaya hidup rohani

  Rutin berumroh menjadi gaya hidup rohani

Sekarang umroh bagi sebagian orang telah menjadi gaya hidup. Jika dahulu berumroh ke tanah suci Mekah hanya bisa dilakukan segelintir orang, saat ini dengan banyaknya penyedia jasa perjalanan umroh hampir setiap kalangan menengah bisa berangkat berumroh kapanpun yang diinginkan.

Ibadah Umroh tidak jauh berbeda dengan ibadah Haji, perbedaannya hanyalah pada jumlah rukun ibadah, waktu pelaksanaan dan niat awal ibadahnya saja. Bila pada Haji terdapat aktifitas lempar jumroh, untuk umroh tidak ada. Kemudian waktu pelaksanaan haji hanya bisa dilakukan pada bulan Dzulhijjah, sedangkan umroh bisa dilakukan kapan saja. Untuk niat sudah jelas pelafalannya berbeda untuk haji dengan umroh.



Umroh merupakan ibadah yang di sunahkan untuk dilakukan, beberapa ulama bahkan ada yang mewajibkan bila mampu. Ibadah umroh bagi sebagian orang dianggap sebagai ibadah yang mampu mengembalikan semangat untuk beribadah di kehiduapn sehari-hari. Bahkan beberapa orang juga melakukan umroh untuk meminta ridho dari Allah SWT. untuk perihal keputusan-keputusan penting yang akan diambil.

Pada umumnya ibadah umroh hanya memerlukan waktu sekitar satu atau dua minggu, sehingga tidak memerlukan banyak persiapan untuk mengatur keperluan yang ditinggal di tanah air. Namun Anda sebaiknya banyak melakukan persiapan terkait hukum-hukum fikih terkait ibadah umroh termasuk doa-doa yang bisa dipanjatkan ketika berada di Mekah atau Madinah agar ibadah Anda sah dan lancar. Bila Anda sudah terlanjur berangkat tetapi belum banyak menguasai kaidah-kaidah fikih umroh, lebih baik Anda langsung menanyakannya pada pendamping rombongan yang biasanya disediakan oleh pihak biro perjalanan untuk mendampingi dan memandu Anda selama beribadah.


Saat ini berbagai kemudahaan telah tersedia untuk Anda yang ingin melakukan ibadah umroh. Mulai dari pembayaran yang bisa dicicil, atau perjalanan umroh yang sekaligus dengan paket berwisata di tempat-tempat bersejarah Islam bisa menjadi daya tarik. Tapi, Anda harus ingat bahwa sejatinya niat dari ibadah umroh adalah untuk mendekatkan diri pada Allah SWT, dan bukan untuk pamer ataupun mencari kesenangan dengan menganggapnya sebagai jalan-jalan. Sebab, bila Anda melakukan umroh hanya untuk tujuan duniawi, maka ibadaha Anda bisa jadi tidak akan diberikan barokah, sayang sekali bukan.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Rutin berumroh menjadi gaya hidup rohani"

 
Copyright © 2015 lintas 7 - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top