lintas 7

Saluran Informasi Terupdate Untuk Keluarga Indonesia

Powered by Blogger.

lokasi Mustajab di Mekah dan Madinah

Lokasi-lokasi yang mustajab untuk berdoa di Mekah dan Madinah

Ketika jamaah melakukan umroh ataupun ibadah haji, terdapat rukun-rukun yang harus dipenuhi. Beberapa diantaranya harus dilakukan di tempat-tempat yang dianggap mustajab untuk meminta petunjuk atau ridho dari Allah SWT. Bahkan meskipun doa itu adalah titipan dari orang lain yang berada di kampung halaman misalnya, tetap dipercaya bahwa doa itu akan dikabulkan. Beberapa tempat yang mustajab untuk berdoa di Mekah ataupun Madinah adalah sebagai berikut:

Di ruang yang terletak diantara hajar aswad dengan pintu Ka'bah di Masjidil Haram. Tempat yang mustajab berdasarkan hadits ini disebut dengan multazam. Luasnya hanya beberapa meter persegi, sehingga cukup sulit untuk mencapai multazam ketika musim haji karena banyak orang yang berebut untuk bisa berdoa di lokasi ini. Multazam bukan hanya menjadi tempat Rasulullah saw. berdoa namun di tempat yang sama Nabi Adam as. juga melakukan doa pada Allah SWT.



Terdapat sebuah tempat yang dahulu menjadi tempat Nabi Ismail as. memanjatkan doa untuk diberikan kesejukan di Mekah, tempat itu disebut dengan hijr Ismail. Hijr Ismail yang berada di utara Ka'bah juga menjadi lokasi yang mustajab untuk memanjatkan doa. Meski tidak tertutup kiswah Hijr Ismail menurut hadits merupakan bagian yang sama dari Ka'bah, oleh karena itu bila melakukan sholat di Hijr Ismail sama saja dengan sholat di dalam Ka'bah.

Dalam ibadah haji terdapat rukun yang mengharuskan jamaah haji untuk berlari-lari kecil sambil memanjatkan doa adalah ibadah Sa'i. Rukun ini dilakukan diantara bukit Shafa dengan Marwah yang dahulu merupakan tempat dimana Siti Hajar bertawakkal mencari air untuk putranya Nabi Ismail as. Dalam hadits disebutkan bahwa doa akan mustajab jika dipanjatkan diantara kedua bukit ini.

Tempat lain yang juga dianggap mustajab untuk memanjatkan doa adalah di Taman Surga. Dimanakah taman surga yang dimaksud? Taman surga, sebagaimana di sebutkan dalam hadits adalah ruang kecil diantara makam Nabi Muhammad saw dengan mimbar. Jika dahulu taman dari taman-taman surga ini adalah rumah milik Rasulullah sekarang ruangan yang di sebut dengan Ar Raudhah tersebut berada satu bangunan dengan masjid Nabawi.

Tempat-tempat tersebut adalah sebagian dari sekian banyak tempat yang dipercaya sebagai tempat yang diijabahi ketika memanjatkan doa pada Allah SWT. Sangat rugi apabila kita sedang berada di tanah haram atau Madinah namun tidak memanjatkan doa dan menyebut asma Allah di tempat-tempat yang disunnahkan tersebut. 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "lokasi Mustajab di Mekah dan Madinah"

 
Copyright © 2015 lintas 7 - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top